Bahaya Daging Celeng Bagi Manusia

Daging merupakan salah satu produk hewani yang di manfaatkan dengan cara di konsumsi oleh manusia. Daging yang sering di konsumsi manusia adalah daging ayam, sapi, kambing dll. Sebagian orang juga ada yang suka mengkonsumsi daging babi hutan atau celeng.

Tahukan anda bahwa daging celeng atau babi hutan sebenarnya tidak baik sekali untuk kesehatan. Bahayanya bagaimana sih ? dalam artikel ini kami akan menjelaskan kepada anda Bahaya Daging Celeng Bagi Manusia . Daging celeng teramat berbahaya bagi kesehatan manusia. Tidak hanya utk manusia, bahkan utk pakan hewan pula berbahaya. Lantaran itu, Balai Karantina Kementerian Pertanian (Kementan) laksanakan razia peredaran daging celeng.

“Hingga sekarang, mengonsumsi daging celeng utk argumen apapun, termasuk juga utk pakan hewan dinilai berbahaya,” kata Kepala Tubuh Karantina Kementerian Pertanian Banun Harpini, seperti dikutip dari antaranews, Senin (26/5).

daging babiMenurut Banun, daging celeng tidak sedikit mengandung cacing sejenis cacing pita yg berdampak negatif bagi kesehatan manusia.

Sehingga dari itu, peredaran daging celeng, yg tak memanfaatkan sertifikat sanitasi atau sertifikat karantina yang lain, dianggap juga sebagai peredaran tanpa izin. Faktor itu pula tertuang dalam Undang-Undang Nomer 16 Th 1992 mengenai Karantina Hewan, Ikan, & Tumbuhan.

Ancaman pidana yg akan dikenakan terhadap tersangka pelanggaran tersebut layaknya diatur dalam Pasal 31 UU No. 16 Th 1992 berupa pidana penjara paling lama tiga th & denda paling tidak sedikit Rupiah 150 juta.

Menurut Banun, thn 2014, peredaran daging celeng memang lah menurun. Walaupun demikian, pihaknya konsisten mengusahakan melaksanakan razia pada peredaran daging celeng di pasaran.

“Jika di bandingkan terhadap 2013 yg satu thn, diperkirakan dapat menurun thn ini. Kebanyakan saat-saat menjelang Lebaran, tingkat penyelundupan product tidak legal itu meningkat,” ungkapnya.

Penurunan jumlah daging selundupan itu, pula sebab penindakan hukum yg makin tegas dilakukan aparat gabungan dari Barantan, Kepolisian setempat, Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA), juga bermacam unsur lain.

“Maka itu butuh hubungan kerja yg kuat bersama bidang hulu di hutan, & pula penindakan di peredarannya,” ujarnya.

Buat pencegahan peredaran daging celeng di bidang hulu, Barantan, sudah berkoordinasi bersama Tubuh Konservasi Sumber Daya Alam Kementerian Kehutanan, utk menindak perburuan liar.

Selanjutnya, penindakan di peredaran pun sudah dioptimasi dgn bersamasama bersama Polisi Air Kepolisian Daerah yg dianggap rentan jadi jalur distribusi daging tersebut seperti Lampung & Banten.

diluar itu, peredaran daging celeng ke Pulau Jawa pula menggunakan angkutan bus-bus & truk niaga. Sehingga itu, koordinasi bersama perusahaan swasta pemilik bus & truk pun sudah dilakukan, meski dirinya mengakui akhirnya belum maksimal.

“Barantan serta kerja sama bersama Organda (Organisasi Pebisnis Nasional Indonesia Angkutan Bermotor di Jalan) & PO-PO swasta utk sosialisasikan ke supir mereka utk hati-hati dgn maraknya peredaran daging celeng ini,” ungkapnya.

Bagaimana setelah membaca artikel ini, tentunya anda akan berpikir 2 kali bila mengkonsumsi daging celeng. Kita harus cermat memiliki makanan makanan yang terbuat dari bahan dasar daging yang di jual di jalananan ataupun pasaran, salah sehat dari infosehatonline.com.

Bahaya Daging Celeng Bagi Manusia | infosehatsarerea | 4.5