Bahaya Miras Oplosan Untuk Kesehatan

images (44)Info Sehat Online _ Tak sedikit korban berjatuhan karena menegak minuman keras (miras) oplosan. Puluhan orang di Garut dan Sumedang, Jawa Barat tewas karena minuman ini. Ketua Umum Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa, Danardi Sosro Sumihardjo mengatakan, miras oplosan dapat merusak otak sehingga mengganggu kesehatan jiwa.

“Minuman itu tidak sehat. Bisa menyebabkan kerusakan otak hingga gangguan jiwa skizofrenia,” kata Danardi di Gedung Kementerian Kesehatan, Jakarta, Kamis (11/12/2014).

Miras sebenernya adalah sebutan untuk minuman yang mengandung alkohol pada kadar tertentu sebenernya alkohol dapat membantu untuk menjaga kesehatan akan tetapi jika berlebihan minuman tersebut bida mengakibatkan keracunan, pada kenyatanya pecandu alkohol tidak akan mengurangi tiap kali mereka minum sebaliknya mereka cenderung menambahkan dosisnya setiap kali mereka minum dan dirasa alkohol belum bisa memuaskan mereka kemudian membuat miras oplosan bai sebagian pecandu miras oplosan bisa memberikan suatu yang lebih.

Terlalu banyak konsumsi alkohol sendiri dapat menurunkan kemampuan berpikir dan gangguan perilaku. Jika konsumsi berlebihan, bisa menyebabkan seseorang hilang kesadaran, kejang, hingga meninggal dunia.

Penyakit serius lainnya yang disebabkan oleh alkohol diantaranya, tukak lambung, kerusakan pada hati, hingga komplikasi gangguan psikiatri berat.

Direktur Bina Kesehatan Jiwa Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Eka Viora menjelaskan, jenis alkohol pada miras oplosan berbeda dengan alkohol yang biasa dikonsumsi manusia.

Miras oplosan adalah metanol. Sedangkan, alkohol yang biasa dikonsumsi manusia adalah etanol.

Metanol sangat berbahaya bagi tubuh karena biasa digunakan dalam pelarut untuk industri. Metanol juga ditemukan dalam tiner (penghapus cat) atau aseton (pembersih cat kuku).

“Hasil akhir yang dicerna oleh tubuh itu dari metanol menjadi formalin yang beracun. Jadi berbahaya bagi kesehatan,”

 

Bahaya Miras Oplosan Untuk Kesehatan | infosehatsarerea | 4.5