Bahaya Patah Hati Pada Kesehatan

infosehatonline.com ,- Patah hati memang sudah tidak asing lagi di dunia percintaan, dan hampir semua orang pernah mengalami yang namanya patah hati. Tapi tahukan anda selain dapat membuan seseorang galau, patah hati juga dapat berdampak negatip pada tubuh. Berikut ini adalah dampak-damkapnya terhadap tubuh atau fisik kita.

patah hatiMelemahkan Daya Tahan Tubuh

Profesor Lord dan para ilmuwan dari Universitas Birmingham telah meneliti, bahwa stress dan depresi yang diakibatkan patah hati bisa mengganggu fungsi sel darah putih yang disebut dengan neutrofil. Neutrofil sendiri fungsinya adalah memerangi bakteri tertentu seperti pneumonia.

Kalau kamu patah hati, neutrofil ini akan kalah melawan bakteri karena aktivitasnya ditekan oleh kadar hormon stres kortisol. Ini sebabnya ketika patah hati dan mengalami kesedihan mendalam, tubuh kamu tiba-tiba mudah terserang penyakit.

Kesehatan Otak

Putus cinta juga bisa mengganggu kesehatan otak, tepatnya pada bagian secondary somatosensory cortex. Di sinilah saraf anggota tubuh terganggu sehingga kamu bisa merasa nyeri otot dan pegal-pegal.

Tidak hanya itu, stress yang kamu rasakan juga bisa membuat otak gagal mengirim sinyal lapar yang membuat malas makan, bobot tubuh berkurang dan terkena magh.

Kesehatan Rambut

Tidak hanya leukemia, ternyata kerontokan rambut juga disebabkan oleh patah hati. Rasa stres dan depresi akibat patah hati bisa menghambat penumbuhan rambut.

Terganggunya Sistem Hormonal

Patah hati bisa membuat kelenjar adrenal dalam sistem hormonal meningkatkan produksi hormon adrenalin dan kortisol dengan tidak terkontrol. Umumnya, kuantitas hormon yang diproduksi setiap orang berbeda.

Dengan meningkatnya stress, maka ketidakseimbangan hormon juga semakin meningkat. Dampaknya sangat buruk, karena bisa meningkatkan tekanan darah dan membuat peredaran darah menjadi tidak lancer. Tidak hanya itu, kesehatan kulit kamu dapat terganggu. Jangan kaget ketika kamu baru putus, muncul bintik-bintik merah atau jerawat pada wajahmu.

Sakit Perut

Stres akibat patah hati bisa membuat produksi asam lambung dalam tubuhmu meningkat. Inilah yang membuat kamu merasa mulas dan terasa sakit pada perut. Selain itu, akibat nafsu makan yang berkurang, kamu bisa terkena sakit magh.

Patah hati cukup berbahayakan bagi kesehatan baik kesehatan rohani kita maupun kesehatan jasmani kita. Karena itu lupakan mantan. Ayo Move On :).

Bahaya Patah Hati Pada Kesehatan | infosehatsarerea | 4.5