Makanan Untuk Menghindari Kanker Payudara

Kanker payudara merupakan kanker yang paling di takuti oleh para wanita setelah kanker serviks.Setiap wanita pasti tidak ingin dirinya terkena penyakit kanker payudara ini.Di sini admin infosehat akan membahas tentang makanan untuk menghindari kanker payudara yang aman tanpa efek samping.

Ini lah beberapa makanan untuk menghindari kanker payudara :

  • kanker payudaraCeri Gelap
    Studi pada tikus percobaan menemukan bahwa sebuah senyawa dalam buah ceri, khususnya yang berwarna lebih gelap, dapat menghambat pertumbuhan sel kanker payudara.
  • Alpukat
    Kaya akan glutathione, antioksidan yang kuat untuk melawan radikal bebas dalam tubuh.Para ilmuwan juga percaya alpukat dapat berguna untuk  mengobati hepatitis –penyebab kanker hati- dan  masalah-masalah kerusakan hati lainnya.
  • Konsumsi makanan yang mengandung antioksidan, seperti buah kiwi, wortel, jeruk, paprika, apel, avokad, nanas, pisang, mangga, anggur, buncis, pepaya, dan semangka.
  • Konsumsi makanan berbahan kedelai
    Kedelai adalah jenis biji – bijian yang didalamnya mengandung fito – esterogen. Fito esterogen disini berfungsi sebagai molekul yang nantinya akan terikat oleh reseptor sel sehingga dapat mencegah terjadinya kanker. Hal tersebut terjadi karena fito-esterogen bentuk dan sifatnya sangat mirip dengan hormon esterogen wanita.
  • Menghindari makanan yang diasap dan dibakar
    Penyebab kanker lainnya adalah makanan yang diasap, dibakar, atau diasamkan. Contohnya seperti ikan asap atau makanan yang diacar. Makanan tersebut beresiko menimbulkan kanker. Oleh karena itu menghindari atau mengurangi frekuensi mengonsumsi makanan tersebut menjadi keharusan untuk mencegah kanker.
  • Bawang Putih
    Beberapa studi menunjukkan bahwa bawang putih dapat melenyapkan sel kanker ketika dilakukan tes pada daging. Penelitian telah menemukan bahwa memasak bawang putih dengan daging dapat mengurangi bahan kimia karsinogenik dalam daging tersebut, yang bisa menyebabkan kanker payudara.
  • Brokoli, kol & kembang kol
    Ketiga jenis sayuran ini memiliki komponen kimia indole-3-carbinol (I3C) yang berguna memerangi kanker payudara dengan mengubah estrogen pemicu kanker menjadi bersifat protektif. Brokoli, terutama di bagian kecambah juga memiliki phytochemical sulforaphane yang dipercaya dapat mencegah beberapa tipe kanker seperti kanker usus dan rectal. Sulforaphane menginduksi produksi enzim tertentu yang dapat menonaktifkan radikal bebas dan karsinogen.
  • Jauhi minuman alkohol. Alkohol dapat meningkatkan kadar estrogen dalam darah sehingga meningkatkan risiko penyakit kanker payudara.
  •  Makan makanan yang kaya kandungan serat
    Ladies, tau gak sih kalau sayur dan buah itu ampuh banget untuk mengatasi kanker? Yap… hal itu karena kandungan dari buah dan sayur yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Buah dan sayur memiliki kandungan serat, vitamin C, vitamin A, vitamin E yang mana ketiga vitamin tersebut dapat berfungsi sebagai anti-oksidan pada tubuh kita sehingga resiko kanker dapat teratasi. Buah dan sayur juga banyak mengandung mineral selenium yang berfungsi sebagai pencegah terjadinya kerusakan sel yang bisa menekan kemungkinan seseorang untuk terserang penyakit kanker.
  • Menghindari makanan dengan zat pewarna
    Banyak makanan saat ini dicampur dengan zat pewarna agar terlihat menarik. Padahal kandungan zat pewarna itu sangat berbahaya bagi tubuh dan dapat memicu kanker. Untuk mencegah kanker, sebaiknya usahakan menghindari makanan yang menggunakan zat pewarna. Makanan yang menggunakan zat pewarna dapat diketahui dari warna makanan yang terlihat jauh lebih menarik dibandingkan warna aslinya.
Makanan Untuk Menghindari Kanker Payudara | infosehatsarerea | 4.5