Manfaat Membaca Buku Untuk Kesehatan Tubuh

Apakah anda pernah mengenal istilah Kutu Buku ? pastinya anda sudah tidak asing lagi istilah tersebut. Kutu buku adalah seseorang yang mempunyai hobi membaca buku. Ternyata menjadi kutu buku itu banyak manfaatnya lo sobat, dan di infosehatonline.com ini kami akan menjelaskannya, cekidot.

Manfaat Membaca Buku Untuk Kesehatan TubuhSeperti dilansir dari healthmeup.com, berikut ini adalah manfaat membaca buku yang perlu anda ketahui.

Menginspirasi Anda

Sebuah penelitian yang dilakukan di Inggris menunjukkan bahwa sekitar 60% pembaca akan merasa terinspirasi dari bacaan yang mereka baca. Terutama ketika bacaan tersebut mengandung cerita yang menyentuh dan bisa menginspirasi Anda untuk berperilaku lebih baik lagi.

Menambah pengetahuan

Setiap kali membaca sesuatu, Anda pasti akan mendapatkan informasi kecil atau bahkan besar yang bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda. Anda pun akan langsung menyimpannya sebab Anda sendiri tidak akan pernah tahu kapan Anda akan mempergunakannya. Oleh karena itu perbanyaklah membaca untuk meningkatkan pengetahuan Anda.

Menambah Kosakata

Selain pengetahuan, bahan bacaan pasti juga akan menyimpan kosakata baru yang bermanfaat untuk Anda. Kosakata baru ini bisa bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan sosialisasi Anda dengan orang baru.

Melatih Otak

Membaca mampu merangsang kekuatan otak yang tidak bisa Anda dapatkan dari menonton televisi atau mendengarkan musik. Sebab membaca mampu melahirkan imajinasi Anda. Oleh karena itu, rajinlah membaca agar kekuatan otak Anda tetap fit.

Mengurangi Stres

Membaca merupakan cara yang efektif untuk mengurangi tingkat stres Anda. Penelitian menunjukkan bahwa membaca mampu mengurangi tingkat kortisol dalam tubuh, menurunkan detak jantung, serta mengurangi ketegangan otot.

Membuat Cepat Tidur

Karena membaca dapat membuat Anda merasa lebih rileks, maka Anda pun bisa langsung tertidur setelah membaca.

Meningkatkan Memori

Ketika membaca, maka otak Anda pun akan mencoba untuk memahami semua alur cerita dan berusaha untuk mengingatnya. Hal ini bisa disamakan dengan senam otak yang mampu meningkatkan kemampuan Anda untuk mengingat.

Membuat Awet Muda

Penelitian kesehatan telah menunjukkan bahwa mereka yang rajin membaca atau melatih otak mereka akan mengalami penurunan kognitif yang lebih lambat dibandingkan dengan yang tidak membaca. Bahkan membaca secara teratur mampu menangkal masalah kognitif seperti demensia atau penyakit Alzheimer.

Menenangkan Anda

Selain dapat membuat santai, membaca buku juga dapat membuat Anda tenang. Penelitian telah menunjukkan bahwa membaca buku-buku spiritual dapat menurunkan tekanan darah, menenangkan Anda, meningkatkan mood, dan mengurangi depresi.

Meningkatkan Konsentrasi

Kebiasaan multi-tasking yang Anda lakukan sehari-hari dapat mengurangi konsentrasi dan daya fokus Anda. Sementara membaca sendiri dapat mengembalikan tingkat konsentrasi Anda dan membuat Anda lebih fokus.

Meningkatkan sensitivitas Anda

Bacaan terkadang menyimpan beberapa pelajaran yang bisa membuat Anda lebih empati serta meningkatkan sudut pandang Anda dalam melihat semua masalah. Selain itu membaca sendiri mampu membuat Anda lebih bijak atas nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.

Meningkatkan kemampuan menulis

Seiring dengan meningkatkan kosakata Anda, kemampuan tata bahasa Anda pun juga akan meningkat. Otak Anda yang memiliki kemampuan luar biasa untuk belajar pun pada gilirannya juga akan meningkatkan keterampilan Anda untuk menulis.

Meningkatkan kemampuan menganalisis

Alur cerita dari bacaan yang Anda baca bisa meningkatkan kemampuan Anda dalam menganalisis sesuatu. Potongan-potongan plot yang belum disatukan dalam memperkuat pemikiran kritis Anda dan kemampuan analisis yang bisa Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Agaknya memang tidak berlebihan jika membaca sangatlah bermanfaat untuk pemikiran Anda dan juga kesehatan tubuh Anda. Sebab hal di atas merupakan beberapa contoh dari manfaat membaca terutama untuk kesehatan. Jadi, mari perbanyak kegiatan membaca!

Manfaat Membaca Buku Untuk Kesehatan Tubuh | infosehatsarerea | 4.5