Manfaat Tempe Bagi Kesehatan

Info Sehat Online Tempe merupakan makanan istimewa yang sering dipandang sebelah mata. Hal ini dikarenakan tidak banyak orang yang tahu mengenai keistimewaan tempe. Padahal dalam tempe terdapat banyak sekali nutrisi yang baik untuk kesehatan.Tempe sebagai makanan murah, bisa kita temui dan dapatkan dengan mudah, tempe menjadi salah satu makanan tradisional masyarakat Indonesia. Walaupun terlihat sederhana, tempe ternyata mempunyai banyak manfaat baik buat kesehatan dan tubuh kita.

Kandungan Tempe

tempe

Ya, tempe adalah makanan yang ternyata sangat bergizi untuk dikonsumsi. Tempe dan tahu memiliki beragam manfaat yang baik untuk tubuh manusia. Meski harganya tidak mahal, banyak kalangan sanggup membelinya. Padahal kandungan gizi dalam tempe ini cukup banyak, antara lain:

  • Tempe mengandung┬áserat pangan
  • Tempe mengandung karbohidrat
  • Tempe mengandung kalsium
  • Tempe mengandung zat besi
  • Tempe mengandung vitamin B
  • Tempe mengandung┬áprotein nabati
  • Tempe mengandung fosfor
  • Tempe mengandung keratin

Dalam 100 gram tempe mengandung:

– Protein 20,8 gram

– Lemak 8,8 gram

– Serat 1,4 gram

– Kalsium 155 miligram

– Fosfor 326 miligram

– Zat Besi 4 miligram

– Vitamin B1 0,19 miligram

– Karoten 34 mikrogram

Diet Tinggi Protein

Pengolahan kedelai menjadi tempe juga turut menurunkan kadar stakiosa dan raffinosa, dua zat penyebab perut kembung. Gak cuma itu, tempe juga memiliki kandungan protein yg cukup tinggi. Dalam 100 gr tempe terkandung sekitar 20,8 gr protein, sehingga cocok dijadikan menu harian bagi Kamu yg menerapkan diet tinggi protein. Keutamaan tempe yg lain adalah, karbohidrat, protein, dan lemak sehat yg terkandung di dalamnya lebih mudah dicerna dan diserap tubuh.

Sehat untuk Jantung

Dalam beberapa tahun terakhir, protein kedelai telah menjadi ikon baru dalam menjaga kesehatan jantung. Penelitian juga telah membuktikan bahwa kandungan protein dalam tempe dapat menurunkan kolesterol jahat sebesar 30-45 persen. Seperti kita ketahui bahwa kolesterol jahat (LDL) adalah faktor penyebab tersumbatnya pembuluh darah yg dapat memicu serangan jantung dan stroke. Penelitian juga menyebutkan bahwa tempe dapat meningkatkan kadar HDL atau kolesterol baik dalam darah, yg berguna untuk menekan jumlah kolesterol jahat dan mengeluarkannya dari dalam tubuh.

Nah itulah sedikit penjelasan mengenai manfaat tempe bagi kesehatan semoga dengan adanya artikel ini bisa menjadi pengetahuan bagi anda.

 

Manfaat Tempe Bagi Kesehatan | infosehatsarerea | 4.5