Manfaat Temulawak Bagi Kesehatan

Selamat datang di website kami Info Sehat Online pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan tentang manfaat temulawak bagi kesehatan anda, temulawak diketahui sebagai bahan obat tradisional asli indonesia temulawak ini merupakan salah satu tanaman temu temuan yakni tanaman berupa berbentuk akar dan rimpang ( batang di bawah tanah ) yang digunakan untuk membuat obat temulawak hidp didaerah dengan ketinggian 5-750 meter diatas permukaan laut. Temulawak biasanya dimanfaatkan sebagai bahan jamu herbal yang memiliki banyak khasiat temulawak sendiri memiliki beragam kandungan nutrisi dan senyawa kimia herbal seperti karbohidrat, minyak atsiri, kurkumin, serta beberapa kandungan mineral kompleks lainnya.

Berikut Adalah Manfaat Temulaawak

download (25)

Memelihara Fungsi Hati

Katagoga dalam temulawak memiliki khasiat menjaga kesehatan fungsi hati. Katagoga memproduksi empedu dalam hati dan merangsang pengosongan kandung empedu. Dalam uji klinik yang dilakukan pada temulawak, memberikan hasil enzim yang dapat berguna untuk menurunkan kadar SGOT dan SGPT dalam dosis 15-30 mg kurkumin.

Penambah Nafsu Makan

Kandungan minyak atsiri dalam temulawak ternyata memberikan efek karminativum, sehingga mengkonsumsi temulawak dapat berguna untuk meningkatkan nafsu makan. Inilah alasan mengapa temulawak sangat dianjurkan untuk dikonsumsi anak-anak.

Membantu Menurunkan Lemak Darah

Manfaat temulawak menghasilkan fraksi kurkuminoid yang merupakan ekstrak temulawak, untuk membantu menurunkan kadar kolesterol total dan memberikan peningkatan pada kadar kolesterol HDL Zat kurkumaid diduga berperan dalam menurunkan lemak darah, yang tentu saja berdampak baik pada kesehatan jantung dan berdampak baik sistem kardiovaskuler dalam tubuh.

Mengobati Sakit Maag

Kandungan serbuk rimpang ternyata mempunyai khasiat untuk memperbaiki dan menetralkan produksi asam lambung bahkan maag akut sekalipun akan beransur ansur sembuh jika kita telaten meminum air sari temulawak.

Pengobatan Untuk Sakit Ginjal

Temulawak dicuci bersih dan dikupas. Siapkan 4 gelas air lalu rebuslah temulawak dengan segenggam daun kumis kucing dan segenggam daun meniran. Rebus sampai airnya tersisa setengah. Rebusan ini diminum sebanyak tiga kali sehari.

Mengurangi Radang Sendi

Kandungan kurkumin dalam temulawak sama dengan 100 mg fenibutazon yang mengurangi radang sendi dan nyeri. Cara kerjanya yakni dengan melakukan penghambatan perpindahan sel-sel leuksit kepada daerah radang atau dangan penghambatan pembentukan serta transportasi mediator radang yaitu prostagladin. Hasil pengujian memberikan hasil perbaikan pada penderita radang sendi.

Di India, telah lama menggunakan tanaman herbal selama ribuan tahun untuk mengobati dan mencegah peradangan seperti arthritis. Sebuah studi yang diterbitkan pada tahun 2009 dalam Journal of Alternative and Complementary Medicine , pasien yang diperiksa bermasalah pada radang sendi lutut meminum ekstrak temulawak dan ibuprofen setiap hari selama enam minggu. Pada akhir penelitian, para peneliti menemukan bahwa ekstrak temulawak bekerja sama dengan baik oleh ibuprofen, untuk mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh arthritis tanpa mengalami efek samping yang merugikan.

Nah itulah beberapa manfaat temulawak untuk kesehatan semoga dengan adanya artikel ini menjadi solusi untuk anda amin.

Manfaat Temulawak Bagi Kesehatan | infosehatsarerea | 4.5