Pantangan Makanan Untuk Kanker Lambung

pantangan-makanan-300x225Kanker lambung atau dikenal sebagai gastric cancer merupakan kanker yang berawal pada bagian lambung. Secara global, kanker lambung merupakan penyebab kematian akibat kanker urutan ke-2 bagi pria maupun wanita. Kanker ini umum ditemukan di wiliayah Asia Timur. Di Singapura sendiri, kanker ini merupakan urutan ke-6 penyebab kematian pada pria, dengan kemungkinan 1 kali dalam 50 kali rentang hidup terkena kanker lambung. Sementara, untuk wanita di Singapura, kanker ini merupakan kanker paling umum urutan ke-8. Setiap tahunnya, kanker lambung menjadi penyebab kematian untuk kira-kira 300 orang Singapura.

Pola makan menjadi salah satu faktor dari tumbuhnya kanker ini, maka dari itu pada kesempatan kali ini Info Sehat akan membahas tentang pantangan makanan untuk penderita kanker lambung. Berikut daftar makanan yang harus di hindari oleh penderita kanker lambung:

  • Makanan yang terlalu tinggi serat, seperti kedondong dan buah yang dikeringkan.
  • Makanan yang sangat asam atau pedas, seperti cuka, cabai, dan merica. Jenis makanan ini dapar merangsang perut dan merusak dinding lambung.
  • Makanan yang sulit dicerna dan dapat memperlambat pengosongan lambung. Hal ini dapat menyebabkan peningkatan peregangan di lambung yang akhirnya dapat meningkatkan asam lambung, seperti makanan berlemak, kue tar, coklat, dan keju.
  • Makanan yang melemahkan klep kerongkongan bawah sehingga menyebabkan cairan lambung dapat naik ke kerongkongan, seperti alkohol, coklat, makanan tinggi lemak, dan gorengan.
  • Minuman yang merangsang pengeluaran asam lambung, seperti kopi, anggur putih, sari buah sitrus, dan susu.
  • Makanan dan minuman yang banyak mengandung gas, seperti sawi, kol, nangka, dan alkohol atau minuman bersoda.

Untuk pengobatan kanker lambung juga tidak boleh sembarangan, sebaiknya periksakan ke dokter atau ke rumah sakit terdekat supaya secepatnya diatasi dan di beri obat kanker lambung yang aman dan efektif.

Pantangan Makanan Untuk Kanker Lambung | infosehatsarerea | 4.5