Penyakit Pada Anak di Musim Hujan

Pergantian musim dari kemarau ke musim penghujan menyebabkan perubahan pada suhu lingkungan, yang juga ternyata berdampak pada kehidupan mikroba yang mudah menyebar dan menjadi sumber penyakit. Mikroba sendiri ada yang mudah berkembang dan dapat menginfeksi tubuh kita lalu pada akhirnya tubuh mengalami penurunan. Tidak terkecuali pada anak-anak kita, yang mana masih memiliki sistem pertahanan tubuh yang beberapa anak masih dalam keadaan lemah. Di bawah ini adalah Penyakit Pada Anak di Musim Hujan yang harus kita waspadai:

Penyakit Musim Hujan Pada Anak

Penyakit pada anak di musim hujan

Influenza
Jika musim berganti, dari kemarau ke penghujan biasanya banyak anak-anak yang mengalami flu atau influenza. Gejalanya adalah bersin-bersin, demam, sakit kepala dan tenggorokan. Influenza merupakan jenis gangguan kesehatan yang disebabkan oleh infeksi tubuh yang sebenarnya bisa sembuh sendiri. Nah, kesembuhan tergantung kkeuatan daya tahan tubuh anak itu sendiri. Dan untuk cara mengatasinya bisa kita berikan asupan makanan yang mengandung gizi setiap hari, istirahatkan dan cukupi kebutuhan air minumnya.

ISPA
Pilek, batuk, sakit kepala dan kelelahan merupakan salah satu gejala terjadinya penyakit ISPA pada anak anda. Waspadalah, ispa adalah penyakit yang disebabkan oleh virus yang melemahkan daya tahan tubuh anak. ISPA sendiri berlangsung dimana semu agejala tersebut selama 14hari.

Demam Berdarah
Penyakit yang satu ini mungkin sudah tidak asing lagi, salah satu penyakit yang ditakuti. Demam Berdarah, atau sering kita sebut DBD merupakan penyakit yang disebbakan oleh gigitan nyamuk Aedes Aegypti. 3M sering digunakan untuk melakukan pencegahan penyakit ini, 3M adalah Mengubur kaleng-kaleng bekas dan sampah, Menguras bak mandi dan penampungan air, yang ketiga yaitu menutup tempat penyimpanan air dengan rapat untuk menghindari jentik nyamuk Aedes Aegypti.

Diare
Musim penghujan juga dapat memicu terjadinya diare, kembali waspada untuk menjaga kesehatan anak-anak kita dengan memperhatikan makanan, air kotor banjir yang menjadi tempat berkembangnnya virus dan bakteri yang memicu diare. Berikan anak kita kebersihan, makanan yang sehat dan higienis serta pastikan lingkungan sekitar rumah kita.

Baiklah, terimakasih telah menyempatkan untuk membaca artikel kami. Semoga bermanfaat bagi anda untuk lebih waspada terhadap penyakit yang dapat mengancam kesehatan anak-anak kita.. Salam info sehat selalu 😉

Penyakit Pada Anak di Musim Hujan | infosehatsarerea | 4.5