Susu Bahayakan Kesehatan Wanita

Info Sehat Online_  Susu sering kali disarankan untuk dikonsumsi karena baik untuk kesehatan. Tapi, sebuah kajian terbaru menyatakan, minum susu tiga atau lebih dari satu gelas sehari justru berbahaya bagi kesehatan wanita. 
images (33)
Dalam kajian yang dilakukan peneliti di Swedia, wanita yang terlibat dalam penelitian itu dan mengonsumsi setidaknya tiga gelar susu sehari memiliki peluang akan lebih cepat meninggal dunia dibandingkan mereka yang minum kurang dari satu gelas sehari. Selain itu, kajian itu juga menemukan risiko kerapuhan tulang bagi wanita meningkat begitu konsumsi susu mereka juga bertambah. Penyebabnya adalah galaktosa, gula yang ditemukan di dalam susu. “Senyawa itu mungkin menginduksi tekanan oksidatif dan peradangan, dan tipe radang itu bisa mempengaruhi kelangsungan hidup dan keretakan tulang. Lucunya kalau galaktosa itu diberikan kepada binatang penelitian, mereka akan tewas lebih cepat akibat induksi tekanan oksidatif dan peradangan,” papar Karl Michaelsson, dosen di Uppsala University yang juga salah satu penulis kajian itu kepada Live Science. Karena adanya efek berbahaya galaktosa terhadap binatang, Michaelsson dan timnya menghipotesa konsumsi susu yang lebih tinggi terhadap manusia akan diasosiasikan dengan tekanan oksidatif yang lebih tinggi dan juga risiko keretakan tulang dan kematian yang lebih besar. Kajian ini melibatkan 61.433 wanita berusia antara 39—74 tahun yang dimonitor selama 20 tahun dan 45.339 pria berusia 45—79 tahun. Seluruh peserta kajian melaporkan diet dan gaya hidup mereka, berat badan, kebiasaan merokok, frekuensi olahraga, tingkat pendidikan dan status pernikahan pada awal kajian dilakukan. 

Pada akhir masa kajian, 15.451 wanita meninggal dunia dan 17.252 lainnya menderita keretakan tulang, termasuk 4.259 retak tulang pinggang. Sementara pada sukarelawan pria, yang dimonitor sekitar 11 tahun, tidak ada kaitan antara kematian atau keretakan tulang dengan konsumsi susu. 

Mungkin, tanpa diperkirakan, konsumsi susu yang lebih tinggi terkait peningkatan kerapuhan tulang, termasuk keretakan tulang pinggang. Meski belum jelas mekanisme apa yang mendasari kaitan ini, bisa jadi konsumsi galakstosa yang lebih besar meningkatkan level tekanan dan peradangan di dalam tubuh, yang menyebabkan risiko keretakan tulang.

Kami memang menemukan bahwa stres oksidatif yang lebih tinggi dan peradangan pada wanita dan pria yang mengkonsumsi beberapa gelas susu per hari dibandingkan dengan mereka yang minum dalam jumlah yang lebih rendah,” kata penulis utama Karl Michaelsson, seperti dilansir laman Yahoo Health, Minggu (7/12).

Selanjutnya, wanita yang minum lebih dari tiga gelas susu sehari (rata-rata 680 ml) memiliki risiko kematian yang lebih tinggi dibandingkan wanita yang minum kurang dari satu gelas susu sehari (rata-rata 60 ml).

Namun, meskipun temuan, Michaelsson mengatakan bahwa anak-anak dan orang dewasa tidak harus menghilangkan susu atau produk susu lainnya dalam diet sehat. “Masih terlalu dini untuk membuat rekomendasi tertentu berdasarkan temuan kami,” pungkasnya.

Susu Bahayakan Kesehatan Wanita | infosehatsarerea | 4.5