Turunkan Kolesterol Dengan Labu Siam

Taukah anda labu siam dapat turunkan kolesterol? Tidak banyak orang mengetaui tentang manfaat labu siam ini.Di sini info sehat online akan sedikit membahas tentang manfaat labu siam bagi kolesterol.Tanpa panjang lebar,yu mari kita bahas.

Sebagian besar dari kita tentu tahu atau setidaknya pernah mendengar tentang Labu Siam.Labu siam adalah sayuran yang sangat murah harganya, mudah didapatkan di pasar-pasar tradisional, dan enak rasanya. Mungkin ini yang bikin saya ngiler coz ternyata memiliki manfaat yang tidak kita duga.

Turunkan Kolesterol Dengan Labu Siam

Labu siam kaya akan kalium.Kalium berguna bagi tubuh untuk mengendalikan tekanan darah, terapi darah tinggi, serta membersihkan karbondioksida di dalam darah. Kalium juga bermanfaat untuk memicu kerja otot dan simpul saraf. Kalium yang tinggi juga akan memperlancar pengiriman oksigen ke otak dan membantu memperlancar keseimbangan cairan, sehingga tubuh menjadi lebih segar. Selain itu, buah labu siam juga mengandung komponen vitamin yang cukup tinggi. Niasin merupakan bagian dari vitamin B kompleks yang disebut sebagai vitamin B3, berfungsi untuk menurunkan produksi VLDL (very low density lipoprotein) di dalam hati, sehingga produksi kolesterol LDL (low density lipoprotein) dan trigliserida dapat menurun. Niasin berperan pada reaksi enzimatik di dalam tubuh untuk metabolisme karbohidrat, lemak, dan protein, yaitu sebagai koenzim II. Niasin sangat diperlukan agar suplai energi dlam jaringan tubuh berjalan normal. Kekurangan niasin yang parah, setelah beberapa bulan akan mengakibatkan pellagra serta dermatitis, yaitu gangguan kulit yang khas dan simetris, terutama di bagian badan yang tidak tertutup seperti tangan, lengan, siku, kaki, kulit, dan leher.

Labu juga kaya akan vitamin B6. Vitamin B6 mempunyai peran penting dalam metabolisme protein. Vitamin B6 sangat esensial untuk proses transaminasi dan deanimasi serta dekarboksilasi asam amino. Kebutuhan perhari mencapai 0,02 mg untuk dewasa, 0,015 mg untuk bayi, 0,2-1,2 untuk anak-anak, dan 1,4-2 mg untuk remaja. Selenium berperan penting untuk memperbaiki mood. Sebuah penelitian di Amerika Serikat (1996) membuktikan bahwa orang yang kadar selenium tubuhnya paling rendah menunjukkan mood yang paling buruk. Konsumsi selenium disarankan sekitar 55-70 mikrogram perhari.

Tidak hanya enak di makan,namun labu siam ini juga memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh kita.

Turunkan Kolesterol Dengan Labu Siam | infosehatsarerea | 4.5